Saturday, March 20, 2010

Dhan's Private Camp (in this message: 20 new items)

Dhan's Private Camp (in this message: 20 new items)

 


Keyword Research dengan Google

Posted: 19 Mar 2010 09:54 PM PDT

google suggest "weight loss" on mozilla firefox browserGoogle Adwords Keyword Tool Tool keyword research ini disediakan Google untuk membantu pengguna Google AdWords dalam mengestimasi volume pencarian kata kunci dan kompetisi iklan untuk kata kunci tersebut. Anda mendapat gambaran umum tentang kata kunci mana yang banyak dicari. Google Adwords Keyword Tool juga memberi gambaran persaingan pengiklan (advertiser) pada kata kunci terkait. Banyaknya advertiser [...]

Alat Bantu Riset Kata Kunci

Posted: 14 Mar 2010 04:49 AM PDT

magnifying glass search engine marketingAda beberapa alat bantu riset kata kunci (keyword research tools) baik gratis maupun berbayar yang tersedia di internet untuk membantu anda mengembangkan daftar kata kunci sekaligus memperoleh data pencarian tentang kata-kata kunci tersebut. Anda bisa menggunakan tools ini sebagai tambahan (atau bahkan menggantikan) proses keyword research yang sudah saya jelaskan sebelumnya. Idealnya anda kombinasikan kedua teknik [...]

Perlukah Anda Mengetahui Black-Hat SEO?

Posted: 09 Mar 2010 06:54 AM PST

black hat seo hatPertanyaan ini adalah karena awalnya saya ingin mempromosikan “white hat SEO“, tapi sebetulnya kita bisa belajar dari apapun, termasuk dari hal yang kita anggap negatif. Dari pengalaman pribadi, pembelajaran melalui cara tidak benar termasuk salah satu cara belajar terbaik dan tercepat. Saya mengalami sendiri bahwa pengalaman ber-black hat membawa pemahaman ke tingkatan yang lebih tinggi, dan [...]

Riset Kata Kunci (Keyword Research)

Posted: 05 Mar 2010 07:53 AM PST

keyword-researchRiset keyword masih memegang peranan penting walaupun peta dan strategi SEO sudah banyak berubah (dari optimalisasi on-page menjadi link building dan sekarang ini social marketing). Sejak awal, Panduan SEO ini hanya membahas analisis topik dan bagaimana melakukan optimalisasi pada subtopik tertentu. Masalahnya, cara berpikir casual searcher seringkali tidak sesuai dengan optimalisasi yang kita lakukan, mereka menggunakan [...]

Google Save My Bucks

Posted: 01 Mar 2010 09:03 PM PST

google cacheTepat 1 Januari kemarin saya dapat order untuk menulis review dan memasang link di salah satu blog niche saya. Ngga besar, cuma $50 untuk 2 artikel (@200-250 kata) dan satu link di blogroll. Order ini datang tanpa melalui jasa broker review, tapi lewat salah satu konsultan SEO di Crestview, Florida untuk sebuah situs e-commerce [...]

Apakah Situs Web Anda Termasuk Spam?

Posted: 22 Feb 2010 03:53 AM PST

grey-hat“Apa yang dimaksud webspam? Apa itu black/white hat SEO? Bagaimana mesin pencari mendeteksi web spam? Kenapa ethical SEO? Grey hat SEO?” Bing merilis artikel pada blognya tentang web spam. Menurut definisi Bing, web spam adalah “unwanted web content that uses overtly manipulative techniques in an effort to fraudulently attain undeservingly high ranking in search engines.“ Kenapa web spam [...]

Apa Tujuan Situs (Website) Anda?

Posted: 18 Feb 2010 11:17 PM PST

Pada artikel seri Panduan SEO kali ini akan dibahas tentang tujuan – atau tepatnya adalah kegunaan – dari situs anda. Untuk siapa? Pada gilirannya adalah untuk anda, tapi sebelum anda ‘mendapat’ giliran anda harus ‘memberi’ dulu. Jadi tujuan atau kegunaan situs ini pada awalnya adalah untuk user/audien. Bagaimana situs anda memecahkan masalah utama para target audien-nya? Informasi [...]

Google Buzz Social Media Baru

Posted: 16 Feb 2010 08:57 AM PST

Google Buzz resmi diluncurkan, layanan jejaring sosial baru ini akan meramaikan persaingan social media yang saat ini didominasi Facebook dan Twitter. Google Buzz merupakan perluasan (yang sangat luas) dari Gmail. Fitur-fitur utamanya antara lain: Auto following Pengalaman berbagi yang cepat (khas Google) dan “penuh warna” Public & private sharing Terintegrasi dengan inbox Artikel ini sementara masih teks dulu. Screenshot belum sempat [...]

Siapa Target Audien Anda?

Posted: 11 Feb 2010 02:34 PM PST

kartun gelandangan - bukan targetSetelah anda memutuskan tujuan SEO-isasi, maka langkah selanjutnya adalah menentukan siapa target audien situs anda. Tidak masalah apakah situs  tersebut menjual sepatu atau hendak menggalang dana, anda harus menentukan siapa target pengunjungnya. Biasanya orang menggambarkan target audience secara luas, misal: Seorang developer software pembuat resume/CV misalnya mendefinisikan pengunjung situsnya sebagai orang-orang yang butuh resume yang lebih baik Perusahaan [...]

Mengurangi Biaya Promosi AdWords Sambil Meningkatkan Penjualan

Posted: 10 Feb 2010 08:52 AM PST

Kalau anda baru belajar mempromosikan situs dengan Google AdWords, besar kemungkinannya anda mendapati bahwa pengeluaran kampanye promosi anda lebih besar daripada return yang didapat. Itu disebabkan karena penggunaan seting yang salah dalam campaign yang dilakukan. Long tail keywords menghasilkan konversi yang lebih baik Sejumlah studi menemukan bahwa long tail keywords mempunyai tingkat konversi yang lebih tinggi daripada [...]

Official: Bagaimana Google Menilai Tweet?

Posted: 05 Feb 2010 12:46 AM PST

twitterSeperti yang pernah saya tulis, sejak bulan Desember kemarin Google mulai menampilkan hasil pencarian real-time selain hasil pencarian reguler pada halaman SERP (Search Engine Result Page) mereka. Hasil pencarian real-time ini menawarkan akses terhadap item-item yang sedang hot untuk suatu query pencarian. Elemen hasil pencarian Google realtime yang utama adalah tweet. Tweet adalah pesan-pesan yang dikirim [...]

SEO: Penentuan Tujuan

Posted: 04 Feb 2010 04:21 AM PST

tentukan tujuanUpaya SEO tidak ada gunanya kalau anda tidak punya gambaran jelas tentang: tujuan situs yang di-SEO-kan siapa yang menjadi target pengunjungnya apa yang anda ingin mereka lakukan apa tujuan jangka panjang anda kemajuan yang dicapai dari waktu ke waktu Selain itu, anda harus tahu cara terbaik untuk menarik perhatian audien (kata kunci yang paling menarik perhatian) dan berapa besar upaya yang [...]

Membuat Rencana SEO

Posted: 29 Jan 2010 04:14 AM PST

black-magic-seoSia-sia saja punya informasi tapi tidak punya pengetahuan dan keinginan untuk menggunakannya secara efektif. Anda sedang membaca salah satu artikel Panduan SEO, jadi saya anggap anda punya keinginan untuk memanfaatkan ilmu SEO. Setelah punya keinginan, anda harus punya rencana. Dalam ilmu manajemen, rencana terbaik adalah rencana yang fleksibel, tapi mengandung detail yang cukup untuk memandu anda [...]

Pentingkah Faktor Kecepatan Loading Situs?

Posted: 24 Jan 2010 03:31 AM PST

kecepatan-situsMatt Cutts baru-baru ini menyatakan bahwa kecepatan loading halaman web/situs akan mendapat perhatian lebih dalam algoritma Google yang baru. Nampaknya Google akan memfokuskan diri pada situs-situs yang cepat untuk meningkatkan kepuasan searching para pencari. Bagaimana cara membuat situs anda tampil lebih cepat? Tentu langkah pertama adalah memilih web hosting dengan koneksi yang bagus dan cepat. Server hosting [...]

Google Real Time – Perlukah Optimalisasi?

Posted: 22 Jan 2010 08:34 PM PST

google-real-time-resultsBulan Desember kemarin Google mulai menampilkan hasil pencarian real-time pada SERP-nya. Kotak hasil pencarian real-time ini ditampilkan untuk kata kunci yang sedang dibahas di situs-situs jejaring sosial. Untuk membentuk hasil pencarian ini Google bermitra dengan Facebook, Myspace, FriendFeed, Jaiku, Identi.ca dan tentu saja Twitter. Bagaimana cara tampil di Google Real-time? Google belum mengungkapkan bagaimana sumber informasi real-time dipilih [...]

SEO: Faktor Penilaian Berdasarkan Tautan Bag.2

Posted: 21 Jan 2010 04:11 PM PST

link-based-ranking-factorsMasih tentang faktor penilaian mesin pencari berdasarkan tautan (link-based ranking factors) menyambung artikel sebelumnya. Relevansi halaman yang menaut Relevansi halaman yang menaut dinilai berdasarkan: Konten dari halaman tersebut Link profile halaman yang menaut (untuk menentukan topik kunci halaman tersebut). Tautan dari halaman-halaman yang terkait lebih bernilai daripada halaman-halaman off-topic (misal halaman tentang wedding menaut ke halaman tentang cat food. Relevansi situs [...]

SEO: Faktor Penilaian Berdasarkan Tautan

Posted: 20 Jan 2010 09:51 PM PST

link-based-ranking-factors-faktor-penilaian-mesin-pencariLink based analysis membentuk inti algoritma penilaian oleh mesin pencari, bahkan site based factors yang dijelaskan sebelumnya memperhitungkan tautan/link pada satu atau beberapa bagian. Nah, saya tidak ingin terobsesi dengan urusan link, tapi tetap harus dijelaskan sepenting apa link-based factors ini terhadap posisi situs anda di mesin pencari. Jadi bagaimana cara membangun tautan (link building) yang tepat? [...]

SEO: Faktor Penilaian Berdasarkan Situs

Posted: 14 Jan 2010 05:33 PM PST

nuclear-test-siteSelain faktor pemeringkatan on-page dan link based (link based ranking factors – akan dibahas dalam artikel selanjutnya), ada sejumlah faktor yang diperhitungkan untuk menilai domain (website) itu secara menyeluruh (bukan halaman secara individu – web page). Memang faktor domain/situs ini kemudian mempengaruhi lagi halaman web. Sebelum diteruskan, harap pahami dulu perbedaan website dan web page. Link [...]

Faktor Pemeringkatan On-Page – Bag. 2

Posted: 12 Jan 2010 04:47 PM PST

duplicate-contentPada artikel sebelumnya kita membahas 3 faktor pemeringkatan onpage dalam konteks SEO; Tag Title, Penggunaan Keyword, dan Struktur URL. Pada bagian ini kita lanjutkan tentang Tag Meta Description dan Duplicate Content. Tag Meta Description Tag Meta Description kecil pengaruhnya terhadap ranking di mesin pencari. Loh… terus kenapa dibahas? Ya, karena meta description ini sangat penting dalam menghasilkan [...]

Faktor Pemeringkatan On-Page

Posted: 10 Jan 2010 02:47 PM PST

website-ranking-factorBerikut ini adalah item-item on-page (elemen-elemen halaman web) yang mempengaruhi posisi halaman tersebut pada SERP. Tag Title Pada kode HTML anda akan melihat tag Title sebagai <title>, tag ini tampil pada bagian atas jendela peramban dan muncul juga di SERP sebagai judul halaman web. Tag Title ini menunjukkan pada mesin pencari dan user tentang konten halaman tersebut, [...]

 

 

No comments: